mengatur keuangan agen kuota

Halo selamat datang kembali di website resmi agen kuota murah, semangat pagi semangat awal bulan 😀 . Dalam kesempatan kali ini mimin mau berbagi beberapa tips untuk mengatur keuangan agen kuota nih, penasaran ? yuk simak sampai habis.

Catat ! Inilah 8 Cara Mudah Mengatur Keuangan Agen Kuota Kalian

Usaha kuota dan pulsa merupakan salah satu jenis usaha yang populer untuk digeluti. Usaha kuota dan pulsa mempunyai banyak keuntungan seperti jam kerja yang fleksibel dimana kalian bisa melakukan transaksi penjualan dimana pun dan kapan pun. Kalian juga bisa mempunyai pangsa pasar yang sangat luas.

Sayangnya, tak sedikit bisnis kuota dna pulsa yang akhirnya bangkrut / gulung tikar. Banyak hal yang menjadi faktor mereka gulung tikar, salah satu faktor utamanya adalah si pengusaha tidak mengatur keuangan agen kuota mereka dengan baik.

Berikut ini cara mengatur keuangan agen kuota dan pulsa yang bisa kalian terapkan :

Pisahkan uang pribadi dan usaha

Hal ini yang masih sering sekali dilupakan para pemula, mereka menganggap usahanya masih kecil jadi belum perlu memisahkan uang pribadi dengan uang usaha mereka. Padahal hal tersebut bisa menjadi kesalahan utama yang bisa mengganggu arus kas usaha. Karena dengan menggabungkan kedua uang tersebut, maka kalian akan kesulitan dalam mengontrol pemasukan maupun pengeluaran usaha. Oleh sebab itu, sekecil apa pun usaha kalian, sebaiknya pisahkan uang usaha dan uang pribadi. Supaya kalian dapat mencatat semua transaksi usaha dengan rapi.

Atur modal menjadi dua (2) kloter

Dalam mengelola usaha pulsa dan kuota, tentu kalian memerlukan modal. Dalam bisnis pulsa dan kuota, kalian perlu mengisi saldo sebelum memulai transaksi jual beli pulsa dan kuota. Pada tahap ini kalian perlu menyiapkan beberapa kloter untuk pengisian saldo sehingga kalian tidak akan pernah kehabisan saldo. Kehabisan saldo bisa berpengaruh pada kepercayaan yang telah diberikan oleh pelanggan. Tentu bukan hal  yang baik ketika transaksi jual beli pulsa dan kuota sedang banyak, namun saldo kalian hanya tersisa sedikit.

Lakukan pembukuan semua transaksi

Setiap transaksi tentu perlu disimpan dan dibukukan dengan baik, Kalian perlu membuat catatan mengenai transaksi pulsa dan kuota yang terjadi. Pencatatan transaksi akan membantu kalian dalam mengelola keuangan dengan baik. Kalian bisa tahu saldo yang kalian miliki, keuntungan yang kalian dapat serta perkembangan bisnis kalian.

Minimalkan pengeluaran

Tentunya kalian perlu menghemat pengeluaran agar bisnis bisa bertahan di awal pembentukan usaha. Seperti yang kita ketahui, awal pembentukan usaha, keuangan masih belum stabil dan akan membutuhkan banyak modal untuk mengembangkannya. Biasanya kalian akan menemukan pengeluaran tetap dan pengeluaran tidak tetap. Pengeluaran tetap yaitu pengeluaran yang perlu dibayar walaupun kalian tidak mempunyai pemasukan, sementara pengeluaran tidak tetap adalah pengeluaran yang tergantung pada situasi dan kondisi kalian. Kalian bisa menghemat atau memotong pengeluaran jenis ini.

Buat rekapitulasi

Buatlah rekapitulasi setiap minggu atau setiap bulan. Rekapitulasi tersebut akan membantu kalian untuk mengawasi usaha. Kalian juga bisa mengetahui apakah usaha berkembang atau justru mengalami kerugiaan. Dengan begitu kalian bisa segera melakuakn berbagai tindakan yang diperlukan untuk membuat keuangan usaha kalian sehat kembali.

Ketahui biaya minimal hidup

Menghitung biaya minimal hidup ternyata perlu kalian lakukan sebelum atau ketika belajar berbisnis. Perhitungan biaya minimal hidup akan membantu kalian dalam menentukan besaran gaji kalian tiap bulan.

Tentunya kalian tidak diperbolehkan untuk mencampur pengeluaran pribadi dan pengeluaran bisnis, maka untuk mencegah hal ini terjadi kalian perlu menggaji diri kalian sendiri. Ketika kalian telah mengetahui biaya hidup minimal, kalian bisa menarik sejumlah tersebut dari pendapatan usaha pulsa dan kuotasebagai gaji kalian. Dengan begitu, sisa penghasilan usaha pulsa dan kuota bisa kalain kembalikan untuk pengelolaan bisnis. Begitu pulsa kalau bisnis pulsa dan kuota adalah usaha sampingan. Kalian bisa mengambil sejumlah uang yang  kalian perlukan saja.

Alokasikan pengeluaran bulanan

Cara mengatur keuangan usaha pulsa dna kuota selanjutnya dalah dengan menetapkan alokasi pengeluaran setiap bulannya. Hitung beban usaha kalian tiap bulan termasuk juga gaji kalian. Jangan menggunakan usang usaha untuk keperluan pribadi kalian. Kalau memang membutuhkan dana usaha untuk pengeluaran pribadi maka kalian harus mencatatnya sebagai hutang dan kalian harus bertanggung jawab untuk mengembalikannya.

Hindari godaan

Pada awal periode, kalian perlu membuat daftar belanja atau perencanaan dari dana yang kalian miliki. Tetapkan apa saja yang perlu kalian beli dan kembangkan. Ini bisa menajdi tantangan terbesar dalam usaha pulsa dan kuota. Tetaplah mengacu pada porsi keuangan yang telah kalian buat dan hindari membeli barang yang belum benar benar kalian butuhkan. Sebelum membeli suatu barang untuk keperluan usah, maka kalian perlu memastikan barang tersebut benar benar kalian butuhkan atau hanya kalian inginkan.

Itulah 8 cara mengatur keuangan agen kuota dan pulsa yang harus kalian terapkan, semoga bisnis pulsa dan kuota yang kalian jalankan bisa terus berkembang aamiin. Termiakasih dan SALAM SUKSES!!

Mengatur Keuangan Agen Kuota
Open chat
Halo. Ada yang bisa saya bantu?