3 Cara Untuk Menggali Ide Bisnis Kuota

Hai hai sobat member setia agen kuota murah, udah dapet berapa komisi k alian sampai hari ini ? pastinya sudah banyak dong.. tingkatin terus yaa, biar akhir bulan nanti bisa cair komisinya hehe. Kali ini mimin mau melanjutkan pembahasan dari artikel sebelumnya yang berjudul membangun usaha counter kuota, yaitu bagaimana cara menggali ide bisnis kuota rumahan untuk ibu rumah tangga.

Setelah membahas dan mengenali kelebihan serta kekurangan yang ditimbulkan dari bisnis rumahan, selanjutnya akan mimin jelaskan apa saja yang harus kalian lakukan saat mengawali bisnis kuota rumahan. Terkhusus untuk ibu rumah tangga.

Bagaimana Cara Menggali Ide Bisnis Kuota Rumahan ?

menggali ide bisnis kuota

1. Perencanaan

a. Memilih Ide Bisnis
Merupakan awal mula di mana kalian menggali ide bisnis kuota. Memang hal ini bukan perkara yang mudah dilakukan, sebab akan tergantung dari minat dan kemampuan yang dimiliki masing masing. Misalnya, kalau kalian mempunyai hobi di bidang makanan, tentu ide yang tepat adalah membuka usaha kuliner. Usahakan bisnis itu bisa kalian lakukan bebarengan dengan tanggung jawab kalian mengurus rumah tangga.

b. Target Pasar
Hal ini merupakan faktor penting dalam menggali ide bisnis kuota, sebab bisnis yang tidak mempunyai tujuan, tentu tidak akan berjalan dengan baik. Bahkan akan berdampak buruk bagi kelangsungannya. Pertanyaan yang sering muncul adalah “siapa konsumen kita ?” Pertanyaan seperti ini pasti difikirkan secara matang, sebab pasar di sini memegang peranan penting dan menentukan sukses atau tidaknya sebuah bisnis. Karena mereka lah yang nantinya akan menjadi konsumen tetap untuk bisnis yang akan kalian jalani. Makadari itu, seorang pebisnis harus tahu apakah produk yang dijualnya nanti akan mendapatkan ruang dan dibutuhkan oleh pasar.

c. Kelola Secara Professional
Mengelola sebuah bisnis harus dilakukan secara professional. Dari menyeimbangkan waktu, kapan harus mengurus pekerjaan dan kapan bertanggung jawab sebagai ibu rumah tangga. Hal yang paling penting adalah bagaimana cara mengatur keuangan dan memisahkan mana untuk bisnis dan untuk keluarga.

d. Pikirkan untuk Merekrut Teman atau Rekan Dekat
Kalau memang bisnis yang kalian jalani membutuhkan tambahan tenaga, maka tidak ada salahnya untuk merekrut teman dekat sebelum mempertimbangkan orang lain. Di samping bisa menjalin hubungan yang baik, juga bisa menekan biaya pengeluaran pekerja.

e. Strategi Pemasaran
Percuma kalau sebuah bisnis tidak dibarengi dengan strategi pemasaran yang baik dan tentunya efektif. Maka dari itu, semua perencanaan yang dilakukan sebelumnya harus matang, supaya usaha kalian berjalan sesuai dengan yang diharapkan di awal. Sebab rencana yang tersusun dengan baik dan matang akan membuahkan hasil yang maksimal, dan juga memengaruhi perkembangan bisnis tersebut.

2. Aksi Nyata

Setelah kalian melakukan perencanaan, langkah selanjutnya adalah implementasi nyata dari bisnis kalian. jangan sampai niat bisnis / usaha hanya mentok di atas kertas saja, tidak ada sejarahnya bisnis / usaha bisa berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan tanpa adanya tidakan nyata. Untuk itu, hal apa saja yang perlu kalian lakukan untuk merealisasikan sebuah bisnis / usaha diantaranya sebagai berikut :

a. Modal
Faktor ini merupakan hal yang wajib ada kalau ingin membuka sebuah bisnis / usaha. Mustahil kalau seseorang bisa menjalankan bisnisnya sesuai dengan yang ia harapkan tanpa adanya modal atau biaya. Misalnya untuk membiayai pemasaran produk kuota dan juga untuk merekrut tenaga kerja supaya bisnis yang dijalankan bisa berjalan lancar.

b. Mengelola Konsumen
Menumbuhkan loyalitas dan rasa kepercayaan tinggi merupakan hal yang paling penting saat mengelola sebuah usaha/ bisnis. Pebisnis dituntut untuk bisa terus mendatangkan calon konsumen baru dan bisa mempertahankan yang  lama. Sebab semua itu bisa berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis itu sendiri, agar bisa terus eksis dan betahan. Kreativitas juga sangat penting untuk menciptakan produk baru yang dibutuhkan oleh konsumen.

c. Menyusun Laporan Keuangan
Walaupun bisnis yang dijalani bersifat rumahan, tapi pengelolaan keuangan juga harus baik. Sebab dengan begitu, bisnis / usaha bisa mengetahui posisi keuangan saat itu.

3. Evaluasi

Langkah terkhir setelah melakukan tindakan nyata adalah melakukan evaluasi terhadap bisnis / usaha yang sudah dijalani. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah bisnis yang sedang dijalani sudah berjalan sesuai dengan apa yang diahrapkan atau malah sebaliknya. Bukan hanya itu, kalian bisa memperbaiki semua kekurangan dari strategi yang sudah direncanakan sebelumnya, supaya usaha / bisnis yang kalian jalankan bisa berkembang dan terus berkembang.

Evaluasi biasanya dilakukan tiap pergantian bulan, lantas apa saja yang bisa dijadikan bahan evaluasi ? berikut mimin ringkas dibawah ini :

a. Mengukur Resiko
Pikirkan secara matang soal resiko dari setiap keputusan yang akan diambil. Misalnya, apakah biaya yang dipakai untuk memasarkan produk bisa tertutupi dengan laba yang didapat nantinya ? . Jangan sampai biaya produksi lebih besar dibanding degnan keuntungan yang diperoleh yang akhirnya akan terjadi pembengkakan dana.

b. Apakah Bisnis Tersebut Mempunyai Target Pasar ?
Sebaik apapun perencanaan yang sudah disusun, tapi kalau tidak menemui target yang tepat dari produk yang dipasarkan akan terasa percuma. Sejauh mana produk yang dijual masih dibutuhkan oleh pembeli, itu sangat penting untuk selalu dipantau dan dievaluasi demi perkembangan serta inovasi bisnis tersebut.

c. Punya Masa Depan
Bisnis / usaha yang baik adalah yang memiliki masa depan dan bisa bersaing dalam kurun waktu yang lama. artinya, lakukan evaluasi secara bertahap untuk melihat perkembangan bisnis. Cermati setiap kompetitor dan sejauh mana bisa mempengaruhi bisnis / usaha kalian kedepannya.

d. Menjalankannya dengan Sungguh-Sungguh
Menjalani sebuah bisnis bukan semata mata mencari keuntungan belaka, tapi lebih daripada itu. Kalau bisnis yang ditekuni bisa membuat hidup lebih bergairah dan makin bersemangat, berarti bisnis tersebut cocok degnan karakter dan keahlian kita.

Sebaiknya, kalau bisnis itu malah membuat gelisah dan merasa tidak mampu untuk menjalankannya, sebaiknya mulai berfikir untuk mencari bisnis alternatif lainnya.

Penutup

Demikian pembahasan tentang bagaimana cara untuk menggali ide bisnis kuota rumahan terkhusus untuk ibu rumah tangga. Semoga bisa menjadi acuan dan pertimbangan untuk memulai sebuah bisnis / usaha di rumah.

Terimakasih dan SALAM SUKSES !!

Menggali Ide Bisnis Kuota
Open chat
Halo. Ada yang bisa saya bantu?